Trotoarku bukan Trotoarmu


Singkat cerita saya sedang berada di jalan kusumanegara dan memlihat ada bapak-bapak buta berjalan. Tiba-tiba dia seakan ingin menyebrang, saya sebagai entitas hidup dan berjiwa yang paling dekat dengan bapak itupun melakukan kewajiban sosial saya untuk menyeberangkan bapak-bapak buta. Sudah lama sepertinya saya tidak melakukan hal ini, mungkin juga baru pertama kali melakukannya.

Anyway, saya berhasil membawa bapak itu ke sisi lain jalan, ketika sampai di batas trotoar saya mengarahkan agar bapak itu naik trotoar. Tapi dia menolak dan mengatakan, “luwih penak ning ndalan mas”. Bapak itupun kemudian pamit melanjutkan perjalanan, entah kemana dan apa yang akan dia lakukan. Saya terdiam, kembali ke sisi jalan yang lain. Melihat trotoar yang dicampakan bapak itu tadi.

Trotoar di daerah jl. Kusumanegara lebih tepatnya di daerah jl. Cendana yang menghubungkan Mandala Krida dengan Jl Kusumanegara sebenarnya terlihat cukup bagus bila dibandingkan dengan trotoar di tempat lain. Tetapi saya cukup egosentris ketika meminta bapak buta itu naik ke trotoar. Trotoar itu terlihat indah tetapi sebenarnya sangat tidak rapi, banyak akar pohon yang merintang, banyak naik dan turunan yang kadang mendadak dan curam. Teksturnya juga sangat bervariasi yang tentunya sangat menyulitkan bagi orang buta untuk membedakan apakah dia berjalan di tempat yang tepat atau tidak. Bandingkan dengan jalan raya, yang relatif lebih mulus dan tidak perlu menghindari warung-warung atau akar pohon yang merintang. 

Setiap hari bapak itu harus menghadapi pilihan sulit, berjalan di jalan raya dengan resiko disrempet kendaraan, atau di trotoar dengan resiko kesandung, masuk got atau nabrak warung.

Dan sang waktupun kembali berjalan, mengajak kita berfikir betapa berbeda dunia ini ketika satu indra kita dishutdown.

 

Leave a Reply

