Homemade Gelato a la Timur


Mungkin kalian yang pernah ke Jogja sudah melihat atau bahkan mampir dan menikmati Gelato di Artemy. Dulu tokonya cuma berada di pojokan Malioboro sekarang sudah berkembang dengan outlet-outlet baru yang cantik. Dengan harga 10.000 tentunya bisa dibilang cukup terjangkau. Tempatnya bagus, suasananya sangat cocok untuk menikmati gelato, tetapi rasanya.. hmmm.. cukup biasa. Memang enak tapi jauh dari sempurna. Akhirnya saya pun terpanggil untuk membuat Premium Gelato dengan cara saya sendiri.

Kenapa Premium Gelato? Karena Gelato di Artemy masih agak keras dan agak berair. Oiya, salah satu faktor yang membedakan Gelato dengan es krim biasa adalah kelembutan dan kandungan airnya. Coba saja anda makan eskrim Walls pasti kadang merasa ada bagian yang rasanya seperti air yang manis. Akhirnya saya berencana membuat Gelato yang benar-benar hanya terbuat dari Susu, Cream, Telur dan Gula. Tanpa garam, maizena atau apapun itu.

Inilah resep saya:

Ingredients

  1. 350ml Susu Full Cream
  2. 200ml Liquid Whiping Cream Import (Merek Elle) seharga 22.000
  3. 4 kuning telur
  4. 100gr gula
  5. 1 sdm essence vanili

DSC_0490

Cara Memasak

  1. Kocok telur dan gula dengan tangan selama 15 menit. Kocok hingga mengembang dan tidak mudah tumpah.
  2. Masukan susu dan whiping cream ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih, jangan lupa untuk terus mengaduk agar susu tidak menggumpal.
  3. Masukan campuran telur dan gula ke dalam panci berisi susu dan whiping cream tadi. Kecilkan api sambil tetap mengaduk-aduk campuran tersebut.
  4. Panaskan dan tetap aduk adonan tersebut selama 5 menit.
  5. Masukan 1 sendok makan essence vanili ke dalam adonan lalu panaskan sambil tetap diaduk selama 5 menit.
  6. Matikan kompor dan masukan adonan es krim ke dalam wadah. Jika pada saat ini anda mencicipi adonan dan terasa sangat manis itu sangat wajar, tidak usah takut kemanisan nanti setelah jadi es krim akan normal manisnya.
  7. Diamkan adonan hingga dingin sambil diaduk-aduk, biasanya membutuhkan waktu 15 menit.
  8. Masukan adonan ke dalam kulkas, ingat ya kulkas bukan freezer. Diamkan selama 1 jam.
  9. Setelah 1 jam keluarkan adonan dan kocok adonan. Jika anda punya mixer gunakan mixer. Kocok selama 5 menit.
  10. Masukan adonan ke freezer. Diamkan selama 4 -6 jam tergantung kemampuan freezer anda. Cek dan kocok adonan setiap jamnya.
  11. Setelah 4 kali kocokan anda bisa meninggalkan adonan tersebut di freezer dan bisa anda nikmati setelah sudah berbentuk es krim.

Hasilnya adalah, Gelato super creamy yang sangat lembut yang ketika dimasukan ke mulut seakan membelai lidah anda. Selamat mencoba.

Tips and Troubleshoot

  1. Gunakan panci yang besar, jangan yang ukurannya mepet adonan karena ketika anda memasukan campuran kuning telur maka adonan akan mengembang.
  2. Ketika memasukan es krim ke freezer, gunakan wadah yang tipis dan bisa ditutup. Jika anda menggunakan wadah yang tebal maka bagian tengah adonan akan tetap cair meski bagian pinggirnya sudah berbentuk es krim.

DSC_0489DSC_0491DSC_0492

4 thoughts on “Homemade Gelato a la Timur

  1. Linn says:

    Mas, ada alternatif lain ga misal ga ada whipping cream? sekarang sedang di pedesaan, susah nemuinnya, tapi susu segar melimpah. Hatur nuhuuuuun….πŸ˜‰πŸ˜Š

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s