Anda kecewa dengan pelayanan publik pemkot atau pemkab anda? Laporkan saja ke Ombudsman


Staf Lembaga Ombudsman Swasta DIY

Judul yang telalu panjang tapi memang itu yang ingin saya sampaikan disini. Kisah ini bermula di hari selasa lalu waktu saya bertemu dengan salah satu staf Lembaga Ombudsman Swasta DIY. Lembaga Ombudsman Daerah saja saya belum pernah berurusan tetapi ternyata sudah ada Lembaga Ombdusman Swasta. Sebelum lanjut mungkin banyak yang bertanya Ombudsman itu adalah apa? Panganan opo meneh kuwi?

Ombudsman sebenarnya adalah bahasa Inggris yang artinya pihak yang mewakili. Konon sih berasal dari bahasanya para kaum Viking, intinya Ombudsman adalah pihak independen yang mewakili kepentingan publik untuk berhadapan dengan entitas pemerintah maupun swasta.  Lembaga semacam Ombudsman sudah ada sejak era Romawi Republik tetapi tenggelam dan baru didirikan lagi setelah revolusi industri.

Keberadaan lembaga ombudsman sangatlah penting bagi sebuah negara modern karena memberikan kesempatan bagi warganya untuk dapat terwakili dalam memperjuang hak pelayanan publik yang lebih baik. Waktu tahu tentang itu saya berfikir, Ombudsman ini apa lembaga yudikatif? Bukannya mewakili rakyat seharusnya dilakukan DPR?

Pertanyaan kedua terjawab dengan mudah karena DPR adalah Dewan Perkumpulan Retarded jadi ga banyak harapan. Tetapi pertanyaan pertama mengusik saya. Perkataan mas Dwi dari Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) DIY ini kemudian membantu saya memahami, dia berkata “Kami berusaha mengembalikan nilai moral diatas hukum.” Jeglerrr.. opo kuwi maksude. Sederhana saja, saat ini orang merasa benar jika dia merasa tidak melanggar hukum. Itulah kenapa pengadilan penuh dengan berbagai kasus, karena semua orang merasa harus diselesaikan di mata hukum positif. Ombudsman bekerja lebih di tataran moral, dengan mengutamakan alternative dispute resolution. Bahasa lebih mudahnya Ombudsman mewakili rakyat dalam mediasi tentang pelayanan publik.

Di Indonesia Lembaga Ombudsman Republik Indonesia (LORI) disahkan melalui UU no 37 tahun 2008. Fungsi utamanya adalah mengawasi pelaksanaan pelayanan publik yang dananya berasal dari APBN dan APBD. Adapun tugas-tugasnya antara lain mencegah dan melakukan investigasi adanya maladministrasi, menerima dan menginvestigasi laporan masyarakat, melakukan pemeriksaan secara substansial dalam laporan pelaksanaan pelayanan publik dan lain lain. Nah, bagian paling penting adalah wewenang, bisa apa to lembaga ombudsman kita ini?

LORI memiliki wewenang untuk meminta keterangan secara lisan maupun tulisan baik dari pihak pelapor, terlapor maupun pihak lain yang berkaitan dengan pelayanan publik. Dari keterangan tersebut maka akan diadakan klarifikasi dan mediasi. Hasil akhir dari lembaga ombudsman adalah laporan dan rekomendasi dari hasil mediasi tersebut. Wewenang yang paling penting adalah Lembaga Ombudsman Republik Indonesia behak mengumumkan segala hasil temuan, laporan dan rekomendasi demi kepentingan umum.

Lembaga Ombudsman Swasta DIY ternyata lebih tua dari LORI, LOS DIY berdiri sejak 2005. Bayangkan, lembaga ini lebih tua dari sang gempa maha dahsyat. Meskipun bernama “Swasta” tetapi BUMN dan BUMD juga bisa dilaporkan ke LOS DIY.  Tugas dan wewenangnya hampir sama dengan LORI tetapi LOS DIY tercantum jelas bahwa laporannya langsung ditujukan ke Biro Hukum Gubernur dan dapat ditindak lanjuti ke ranah hukum.

Bagi anda yang merasa bermasalah dengan pelayanan publik? Anda bisa langsung mengadu ke Lembaga Ombudsman Republik Indonesia di:

Jl. HR. Rasuna Said Kav. C-19 Kuningan (Gedung Pengadilan TIPIKOR)
Jakarta Selatan
Telp : +62 21 52960894/95
Fax : +62 21-52960904/05
Kantor Perwakilan:
Perwakilan Wilayah D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah
Jl. Wolter Monginsidi No. 20Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta
Telp : +62 274 565314
Fax : +62 274 565314

Atau anda langsung dapat mengajukan pengaduan online disini. Mengadu kesaya juga boleh nanti saya panggilkan Gondhez dari Solo buat ngamplengi pejabat-pejabat nakal. Bagi anda warga Jogja dan merasa dirugikan oleh pelayanan pihak-pihak tertentu? Anda laporkan saja ke LOS DIY di alamat ini. Telpon dulu juga boleh paling, di +62 274-552245.

Anda jangan takut karena Lembaga Ombudsman akan menjaga kerahasiaan identitas anda jika anda menginginkannya. Jika anda merasa tidak punya cukup bukti anda tidak usah khawatir karena itu bukan kewajiban anda. Anda hanya perlu melapor dan mereka yang akan menginvestigasi, tentunya bantuan informasi dari anda akan sangat berarti.

2 thoughts on “Anda kecewa dengan pelayanan publik pemkot atau pemkab anda? Laporkan saja ke Ombudsman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s