Memastikan Kesehatan Website atau Server anda Dengan Pingdom


Bagi anda yang memiliki website atau server tentunya hal yang paling penting setelah website itu sendiri adalah kesehatan dari hosting server anda. Jika anda sudah mendesain dengan sedemikian rupa tetapi website anda sering tidak bisa dibuka lalu buat apa?

Nah, untuk mengecek apakah website kita memiliki uptime yang stabil tentunya dengan melakukan ping. Cara paling sederhana bisa dilakukan dengan Command Prompt semua OS, tinggal ketik ping http://www.example.com anda bisa melihat apakah example.com merespon dan berapa lama waktu untuk respon tersebut. Tetapi dengan cara ini anda tidak bisa mengecek koneksinya setiap saat dan harus dilakukan secara manual. Solusi terbaik yang saya ketahui adalah menggunakan layanan dari www.pingdom.com.

Pingdom pada dasarnya adalah proses ping bisa tetapi dengan penyajian laporan yang mendetail dan dapat disajikan dengan mudah. Hal terbaik dari pingdom adalah anda bisa mendapatkan layanan ini dengan gratis. Dengan pingdom anda bisa mengetahui berapa lama outage server anda, bahkan mereka juga menyediakan layanan laporan email dan sms setiap kali server anda offline dalam kurun waktu tertentu.

Pingdom juga menyediakan banner yang menunjukan berapa persen uptime server anda. Bagi yang malas untuk login hanya untuk mengecek anda bisa meletakannya di dalam website anda, atau mungkin di folder tersendiri seperti yang saya lakukan di http://gamerschief.com/cekricek/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s