Perfect Sense: A gradual-noir film


Jadi ceritanya saya cari-cari film di warnet. Tiba-tiba saya melihat salah satu cover film ada yang mencantumkan “Official Selection Sundance Film Festival”. Saya langsung tertarik untuk menonton karena Sundance Film Festival biasanya menyajikan karya sinematik yang tidak biasa.

Sinopsis resmi dari film ini terdengar sangat aneh, “A story about two people – a chef and an epidemiologist – who fall in love just as an epidemic begins to rob the world’s population of their sensory perceptions.” Saya langsung mikir, ini film cinta apa zombie? Tagline dari film ini juga terdengar sangat nanggung dan terlalu sederhana ,”A Modern Love Story”.

Film ini bercerita tentang Michael yang diperankan oleh Ewan McGregor yang bekerja sebagai seorang koki dan Susan yang diperankan oleh Eva Green. Keduanya bertemu dan saling mencintai. Ketika tiba-tiba penyakit aneh menyerang dunia, pasangan ini melaluinya bersama-sama. Ketika kemampuan sensorik mereka mulai hilang perlahan-lahan, mereka melaluinya seakan-akan tidak terjadi apa-apa.

Mungkin yang ingin diceritakan dalam film ini adalah kenyataan bahwa setiap hari kita menjalani hidup penuh dengan ketakutan kita akan menjadi tidak normal. Padahal ketika semua yang kita takutkan telah terjadi, hidup akan menemukan jalannya sendiri menuju kenormalan.

Ending dari film ini cukup gelap dan kurang jelas tetapi tidak segelap Mulholland Drive. Itulah kenapa saya menyebut film ini bertipe gradual-noir film. Karena kegelapan ketika diceritakan secara bertahap akan tidak terasa begitu gelap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s