Field Report: Gunung Api Purba Nglanggeran


Sabtu kemarin, tanggal 29 januari kalo ga salah. Saya bersama beberapa teman pergi ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Rencananya udah seminggu lalu dibuat, dan akhirnya terdapat 8 orang yang mengikuti trip ini. Adapun orang-orang itu adalah saya, heru, cella, tiara, kiki, kiki lagi,andrew dan monik. Janjian berangkat jam 6 pagi, tapi ya gitu deh, sudah bisa ditebak bahwa semua orang telat. Akhirnya jam 6.35an kita baru berangkat dari bunderan UGM tempat orang-orang sering demo.

Perjalanan ke gunugn api purba tidak begitu jauh, meski terletak di gunung kidul. Karena sebenernya Nglanggeran terletak di bukit pathuk yang merupakan batas timur kabupaten gunung kidul. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit sahaja. Bagi yang belum tahu sebenernya gampang saja kok, setelah melewati bukit bintang, anda akan menemui pos polisi pathuk, diseberang pos polisi tersebut ada jalan. Nah ikuti saja jalan itu sejauh 2km. Setelah melewati bukit yang banyak antenanya, anda akan menemui perempatan dengan tulisan Nglanggeran ke kanan, ikuti saja meski jalannya sangat rusak. Entah mengapa banyak sekali truk bermuatan berat melewati jalan ini.

Anda bisa melihat dari luar batu-batuan di gunung api purba ini. Cuacanya sebenarnya cukup dingin, tapi ga sedingin di gunung beneran. Tiket masuknya per orang hanya 2000 dan motor parkirnya 1000. Sampai disana ternyata kita tidak sendirian, ada beberapa pendaki. Memang tempat ini mulai terkenal sebagai tempat pendakian karena dinding-dinding batunya yang luar biasa menjulang tinggi.

Disini tidak ada jalur yang benar-benar pasti. Kita bebas menjelajahi hutan-hutan. Hanya ada jalan setapak ke berbagai jalur. Singkat kata, sangatlah menyenangkan, menegangkan ketika harus mendaki batu-batuan yang terkadang licin karena lumut. Singkat kata, jika anda ingin petualangan yang tidak jauh dari kota tetapi menantang, tempat ini cocok untuk anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s