Katedral yang Berbisik


Di salah satu sisi kota London terdapatlah sebuah Katedral yang bernama Katedral St. Paul. Katedral ini memiliki arsitektur yang agak tidak biasa yaitu adanya fitur kubah lengkung yang menghubungkan temboknya. Mungkin memang sudah banyak katedral dengan arsitektur melengkung tetapi Sir Cristhoper Wren mendesain agar lengkungan ini bisa menghantarkan suara dari tembok satu ke tembok lainnya. Desain dia memang berhasil, bahkan tidak hanya suara orang berbicara saja tetapi juga bisikan pun juga dapat didengar jika kita menempelkan telinga di sisi tembok lainnya. Sisi tembok ini pun dikenal sebagai Galeri Bisikan.

Entah disengaja atau tidak, gereja ini seakan mengingatkan kita bahwa bisikanpun bisa terdengar oleh orang lain. Dengan kata lain, semua yang kita ucapkan di belakang orang lain atau bahasa jawanya ngrasani bisa jadi didengar oleh orang tersebut.Tentunya itu bukanlah sebuah masalah jika yang kita ceritakan adalah hal-hal yang baik. Tapi faktanya adalah hampir 92,34% rerasan atau gosip adalah sesuatu tentang keburukan orang lain. Umat Islam menyebut ini sebagai ghibah, dengan dosa yang bisa dibilang sangat berat. Diibaratkan orang yang berghibah itu bagaikan memakan daging saudaranya sendiri. Di dalam alkitab disebutkan bahwa Raja Salomon berkata, “Di dalam banyak bicara terdapat banyak kesalahan, siapa yang menahan bibirnya, berakal budi”(Amsal 10:19)

Lalu bagaimana dengan anda, apakah anda orang yang sering bergosip, berbisik di belakang? Kalaui sering mungkin tidak tetapi tentu pernah melakukan itu. Memang saya akui ngrasani itu sangat menyenangkan, mengkritik, berbisik di belakang sangat melegakan. Membuat kita merasa kuat dan sempurna. Tetapi itulah masalahnya, berbisik di belakang mendorong kita untuk living in denial. Menolak kenyataan bahwa disekitar kita orang-orang lebih baik dari kita. Semoga Tuhan melindungi kita dari ngrasani dan dirasani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s