Rice Field Art vs Crop Circle Art


Crop Circle sedang menjadi isu yang hangat-hangat tahi ayam di Indonesia ini. Mulai dari awal kemunculan di Berbah, kematian salah satu penontonnya, hingga klaim bahwa fenomena tersebut adalah buatan mahasiswa MIPA UGM. Sudah hampir dipastikan bahwa crop circle Berbah memang buatan manusia karena menggunakan teknik meruntuhkan padi yang sangat sedehana.

Di luar sana, membuat crop circle telah menjadi sebuah seni, mungkin semacam graffiti. Berikut ini adalah beberapa crop circle terbaik buatan manusia:

Metatron Cube

Firefox Crop Circle

Mayan Crop Circle

Rice Field Art

Anda mungkin tercengang dengan seni crop circle diatas. Tentunya dibutuhkan ketelitian dan tingkat penggambaran yang luar biasa untuk membuatnya. Tetapi mungkin anda juga akan berfikir betapa banyak area sawah yang harus dikorbankan untuk membuatnya. Sekelompok petani di Jepang membuat terobosan yang luar biasa di bidang seni. Sebelum saya bercerita lebih jauh, silahkan anda tercengan dengan karya seni berikut:

Gambar diatas bukanlah lukisan atau hasil photshop, tetapi benar-benar pemandangan yang didapat dari sebuah desa bernama Inkadate di Aomori. Tidak seperti crop circle yang menggunakan metode meruntuhkan tanaman, karya diatas didapat dengan menanam tiga jenis padi yang memiliki warna daun yang berbeda. Inkadate pertama kali menciptakan karya ini pada tahun 1993 dan setelah itu setiap tahunnya selalu menciptakan desain baru yang semakin kompleks.

Usaha petani Inkadate ini membuahkan hasil berupa jumlah turis yang semakin lama semakin banyak mendatangi desa ini. Sebagai catatan, karya ini hanya bisa dilihat dengan maksimal selama 1 minggu di bulan september karena setelah itu semua padi akan menguning. Salah satu karya terbaik petani Inkadate adalah gambar Napoleon di bawah ini.

Memang luar biasa orang Jepang dalam membuat inovasi yang bahkan mungkin belum sempat difikirkan alien.

One thought on “Rice Field Art vs Crop Circle Art

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s