Masa Depan Kota Kami


Pada suatu hari, tepatnya hari sabtu minggu kedua bulan maret, saya mendapat kesempatan untuk menemani rombongan AA Asia Conference dan Cultural Tour di solo. Sungguh sebuah kesempatan yang sangat menyenangkan, bisa pulang sekaligus jalan-jalan gratis. Bersama Dr. Nassir Tamara, seorang jenius abad ini dari Indonesia, saya menjadi semacam LO dan pembantu umum serta macem-macem lah pokoknya. Tetapi hal yang paling menyenangkan adalah dapat makan malam di Loji Gandrung, rumah dinas walikota Solo. Tentunya bersama dengan walikota Solo, bp. Joko Widodo atau lebih dikenal dengan Jokowi.

Sempat terpukau dengan interior Loji Gandrung, bapak Walikota langsung memulai presentasinya mengenai pembangunan kota Solo yang berkonsep sustainable slum upgrading. Beliau melihat ada masalah besar dalam penanganan pemukiman dan pertokoan kumuh di kota-kota Indonesia. Untuk itu dia mengambil pendekatan bottom up untuk masalah ini, dengan sering mengadakan makan siang dan makan malam bersama, dia berhasil mengajak para pedagang kaki lima, pedagang pasar, dan penduduk kawasan kumuh untuk duduk bersama dan menyelesaikan masalah.

Terdapat beberapa ide brilian dalam sustainable slum upgrading Jokowi yaitu:

  • self-help housing Pemerintah hanya membuat site-plan dan guide serta memberikan biaya serta pinjaman. Sedangkan masalah pencarian lahan serta pembangunan diserahkan kepada masyarakat yang digusur.
  • as green as possible Jika memungkinkan, menggunakan teknologi terkini yang lebih ramah lingkungan. Contoh paling fantastis adalah penggunaan biogas untuk mengubah gas metan di WC umum menjadi gas untuk memasak.

Berikut ini beberapa contoh dari pembangunan kota ala jokowidodo

Stadion Manahan Before

Stadion Manahan After

Nusukan Market Before

Nusukan Market After

Nusukan Market After Inside

One thought on “Masa Depan Kota Kami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s