Hayat: Cuplikan Kecil Per-Filman Iran


Mendengar kata Iran tentu terbesit di kepala kita Ahmadinejad, Nuklir, dan Revolusi-nya. Berbagai hal lain seperti perang terhadap Irak, kepemimpinan yang semi diktator dan lain sebagainya. Sangat jarang kita membayangkan bagaimana dunia per-film-an Iran. Apakah sedinamis Indonesia yang bisa menghasilkan film-film keren yang bikin penasaran seperti Pintu Terlarang dan pada saat yang sama menghasilkan film busuk yang ceritanya sudah diketahui dari judulnya seperti Hantu Binal Jembatan Semanggi.

Pada tanggal 20 November 2009, datanglah Ghulam Reza Ramezani ke UGM. Mahkluk hidup dari Iran ini ternyata adalah sutradara sebuah film Hayat yang akan diputar hari itu. Kebetulan saya adalah panitia-nya (job dari Kantor Urusan Internasional). Setelah berbagai persiapan yang cukup mendadak film itu diputar dan disaksikan 30 an mahasiswa yang kebanyakan berasal dari jurusan hubungan internasional.

Film pun diputar, jalan cerita masuk dengan sangat perlahan mulai dari sang bapak yang jatuh sakit dan ibu yang ikut pergi menemaninya. Hayat adalah seorang gadis Iran mungkin sekitar kelas 3 smp yang berusaha untuk  masuk ke asrama atau apa gitu. Nah masalah muncul ketika hari ujian datang dia harus menjaga adiknya. Mungkin akan jadi spoiler kalo saya ceritakan lebih lanjut. Cerita film ini sebenarnya sangat sederhana, hanya menceritakan bagaimana Hayat harus pergi ke sekolah untuk ujian. Tetapi di dalam cerita ini ditampilkan berbagai fitur-fitur penting kehidupan sehari-hari masyarakat Iran serta berbagai konflik dan cobaan yang bisa muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut saya, moral dari film ini adalah JANGAN MENYERAH.

Film ini digarap dengan sangat baik dan dengan penceriotaan yang luar biasa, serta ending yang sangat tidak holywood.  Meskipun Iran sering disebut sebagai negara yang sangat otoriter tetapi paling tidak film mereka memberi kebebasan bagi penonton untuk berfikir dan berimajinasi, tidak fatalistik seperti film Holywood. Its a must see movie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s