Terorisme Islam dan Terorisme Kristen


Mendengar kata terorist dan terorisme tentu yang terbayang di benak kita adalah Osama bin Laden atau Noordin M Top atau bahkan Abu Bakar Ba’asyir. Islam, adalah tersangka utama terorisme dunia saat ini. Terorisme sangat lekat dengan pria berjenggot, celana cingkrang (diatas mata kaki) atau berbaju mirip mujahidin Afghanistan. Ya, memang sebagian dari mereka terorist, setuju dengan tindakan terorist, atau tidak menyalahkan terorisme macam Noordin M Top. Tetapi konstruksi media telah membentuk bahwa hanya merekalah teroris di dunia ini. Padahal masih banyak teroris-teroris lain di dunia ini.

Dari semua teroris tersebut, hampir sebagian dari mereka melakukannya berbasis agama, sebagian lain berbasiskan ras. Salah satu teroris yang jarang diangkat oleh media adalah Roberto Sandalo. Teroris yang berbasis di Italia ini bertanggung jawab atas peledakan Islamic Centre di Italy pada tahun 2007 dan berbagai serangan-serangan terhadap warga muslim di Itali. Sandalo memimpin sebuah group yang dikenal sebagai Fronte Combattante Christiano. Organisasi ini tentunya sebuah organisasi Kristen fundamentalis yang memiliki tujuan untuk menyerang Islamofacism.

Media memang memiliki kekuatan hebat untuk mempengaruhi masyarakat. Dan karena hampir tidak ada media besar seperti CNN atau BBC yang mengekspos masalah ini maka framing masyarakat masih terkonsentrasi terhadap terorisme Islam.

Sebenarnya dengan tidak mengekspos masalah ini bukanlah sesuatu yang buruk. Karena jika hal ini diekspos dapat memunculkan sentimen negatif dan terorisme lain dari kalangan muslim. Di sisi lain hal ini juga membuktikan bahwa terorisme sebenarnya bukan suatu hal yang layak di blow up. Karena hal ini berbau agama dan dapat memicu terorisme-terorisme lainya, media bisa menjadi iklan gratis bagi kaum terorist.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s