Bersyariah dalam Menabung


Hari ini, 24 April 2009, selepas sholat jum’at di masjid Prayan saya menemukan selebaran promosi haji bank BTN Syariah. Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan selebaran itu, tetapi toh saya tetap membacanya… dan saya tidak merasa rugi karena ternyata di dalam brosur itu disebutkan juga produk-produk BTN syariah lain dan yang paling menarik mata saya adalah produk Batara Wadiah.

Tabungan wadiah lebih bersifat seperti titipan uang, karena tidak dipungut biaya administrasi apapun, dan disisi lain tidak terdapat bunga atau bagi hasil apapun. Tabungan ini berbeda dengan model tabungan mudharabah yang masih memiliki bagi hasil. Lalu apa untungnya? Ya tabungan ini hanya sebagai titipan tok, supaya uang lebih aman mungkin.

Saya ternyata berhasil terperdaya brosur tersebut hingga akhirnya saya langsung meluncur ke Bank BTN Syariah di Ring Road Utara untuk bertanya. Setelah bertemu dengan Custumer Service, saya dijelaskan bahwa tabungan wadiah juga memiliki peluang bonus yakni ketika bank mendapatkan keuntungan yang besar. Tetapi bonus ini tidak dijanjikan dan tidak pasti. Saya sebenarnya tidak peduli mau ada bonus atau tidak.

Saya pun akhirnya membuka tabungan Batara Wadiah yang saldo pembukaannya minimal hanya 50.000 itu. Tabungan ini saya buka dengan tujuan sebagai dana simpanan untuk biaya nikah dan anak pertama. Ya, nggak salah kan menyiapkannya dari sekarang :D….

Toh daripada di bank konvensional dengan tabungan konvensional dimana tinggi sekali biaya administrasinya, bahkan ibu saya menghitung setiap tahunnya kehilangan hampir 350ribu untuk biaya bank ibu dan ayah saya. Padahal bunga yang didapat juga sangat kecil. Info lebih lanjut silahkan klik link ini

3 thoughts on “Bersyariah dalam Menabung

  1. well, menarik..apalagi q emang lagi nyari bank lain untuk mengamankan gajiku..q bahkan nggak pernah ngitung kalo ternyata q kehilangan 35 ribu per bulan untuk administrasi..banyak juga ya..tapi anyW, aman nggak tuh bank?trus mereka dapet untung darimana dunk buat survive? oh iya mur, q merasa gaptek banget ni, bingung pake widget..heuhu..di “account satunya” kan qt dimanja banget..

  2. Batara Syariah pasti aman dan hampir pasti dapet untung.. kan tabungan ini bakal disalurin buat pinjaman KPR, BTN kan salah satu bank terbesar di urusan KPR jauh sebelum mandiri masuk… jadi insyaAllah aman… toh kalau dilikuidasi pun tabungan kita aman, soalnya tabungan di bawah seratus juta dijamin pemerintah melalui LPS.. dan bank ini juga masuk LPS…

    betewe, kenapa tersinggung.. kan kamu pake kerudung tapi lagi ga bawa uang.. hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s