Network Mapper (NMap)


Dunia IT tak pernah lepas dari dunia jaringan, dan ketika sebuah computer terhubung dengan sebuah jaringan maka dia bisa berkomunikasi dengan komputer atau server lain. Tergantung bagaimana bentuk dan privilege yang dia miliki dalam jaringan tersebut.

Sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain (mengirim file, membaca data) dengan menggunakan port yang tersedia. Port yang saya maksud disini adalah poin dimana prosessor berkomunikasi dengan komputer lain, bukan port yang digunakan untuk berkomunikasi dengan hardware lain seperti port USB atau PS/2. Port disini lebih bersifat software dan virtual.

Dalam jaringan komputer semisal yang menggunakan protokol TCP (protokol standart saat ini), ketika komputer mengirim atau meminta suatu data, maka dia akan membuka port tertentu dan kemudian mengirimkan data ke port tertentu. Alamat port berupa integer, atau nomer yang berukuran 16 bit, yaitu antara 0 sampai 65535. Sebagai contoh jika kita akan berkomunikasi dalam sebuah jaringan yang tertutup proxy biasanya kita diminta untuk mengarahkan ke port tertentu, biasanya port 8080. Beberapa port tertentu memang sudah dikhususkan untuk urusan tertentu, misalnya port 110 untuk media komunikasi POP3 (email).

Nah, dalam dunia hacking, pemanfaatan port bisa dikatakan sebagai satu-satunya cara untuk men-takeover sebuah komputer atau bahkan jaringan. Media yang bisa digunakan untuk melakukan ini adalah software Network Mapper (NMap) yang berfungsi untuk memindai port mana yang terbuka yang memungkinkan hacker untuk exploit port tersebut.

NMap awalnya dibangun diatas platform Unix tetapi kemudian berkembang hingga dapat digunakan di Windows bahkan dapat juga di OpenSolaris. Bahkan perkembangan terbaru NMap sudah memiliki versi Graphical User Interface (GUI) yang cukup memudahkan user awam tetapi kurang fleksibel.

Installasi NMap sudah cukup sederhana jika sudah mendownlaod versi windows setup-nya.

Saya juga masih dalam tahap belajar, jadi belum bisa banyak mereview NMap. hehehe… tunggu saja aksi saya…

4 thoughts on “Network Mapper (NMap)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s