Perbincangan Absurd tentang Ruang Lingkup Ilmu


Suatu hari ketika saya dan teman saya bernama Shiela (HI 2006) sedang mengerjakan tugas resume (yang seharusnya critical review) tentang Decision-Making Process Theory, Shiela tiba-tiba mengatakan bahwa dokternya tahu dengan gigi bagian mana dia makan. Dokter gigi dia mengatakan bahwa dia makan dengan gigi bagian kiri padahal Shiela sama sekali tidak memberitahu dokter itu, hal itu membuat dia kagum. Respon saya terhadap kekaguman itu adalah, “terang saja dia pintar, kan hidup dia ga dihabisin buat ngerjain resume Decision-Making Theory” kalimat yang cukup absurd itu saya timpali lagi, “kan, dia pas jadi mahasiswa area studinya hanya berukuran 4 X 6 X 3 cm, ya cuma gigi dan sekitarnya”.

Perbincangan yang kurang beradab ini membuat saya berfikir tentang lebih mudah dipelajari mana, ilmu dengan wilayah studi yang luas seperti ilmu Hubungan Internasional atau yang wilayah studinya sempit seperti ilmu Kedokteran Gigi. hingga saat ini saya masih memilih HI yang wilayah studinya luas karena saking luasnya hingga tidak ada satu teori yang dapat benar-benar diterapkan di semua tempat dan bidang sehingga dengan sedikit nalar dan logika apapun bisa jadi benar atau at least tidak disalahkan.

Bayangkan saja mahasiswa Kedokteran Gigi yang mempelajari objek yang kecil dan dimiliki hampir semua manusia dan binatang itu. Dengan wilayah sesempit itu tentu sangatlah mudah untuk mengecek benar tidaknya sebuah pernyataan. Toh jatuhnya juga disitu-situ saja, ga mungkin ampe ke bawah pusar (???)

3 thoughts on “Perbincangan Absurd tentang Ruang Lingkup Ilmu

  1. wah gitu-gitu dokter gigi juga belajar seluruh tubuh lho, dan mereka juga belajar soal syaraf… (berdasarkan informasi yang didapat dari rekan di sebelah kamar kos yang tiga tahun terakhir ini kuliah kedokteran gigi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s