Jogja Kuliner Part II


 
Setelah sekian lama dan setelah cukup banyak request, saya melanjutkan blog saya tentang Jogja Kuliner. Bagi anda yang belum tahu, di blog Friendster saya pernah membuat artikel tentang tempat makan dan minum di Jogja, karena daftarnya masih panjang saya kasih judul Jogja Kuliner Part I, dan beberapa orang mengharapkan saya menulis Part II-nya, untuk melihat part I bisa anda unduh di (http://timurizer.blogs.friendster.com/p/2007/05/jogja_kuliner_p.html).
Penilaian disini adalah dari saya sendiri jadi tak dapat diganggu-gugat. Urutan tidak menentukan ranking. Sistem penilaian skala 10, untuk overall pake pembulatan.Overall 1 – 5 sangat tidak direkomendasikan untuk didatangi

Overall 6 – 7 tidak akan menyesal meski tidak akan sangat puas

Overall 8 – 10 anda akan menyesal bila tidak mengunjungi tempat ini

Overall 10+ Super-Duper-Uber-Heavy-Mega-Extremlly-Glorious, bahkan Adam dan Hawa rela diturunkan kembali ke dunia untuk mencicipi masakan disini. Nilai 10+ hanya bisa didapat bila semua kategori mendapat nilai 10

Rasa menunjukan keenakan masakan di tempat tersebut, agak subyektif sih, tapi bisa buat pertimbangan. Suasana adalah tentang layout, suasana, serta pemandangan yang ada. Harga bukan hanya menunjukan murah atau mahalnya tetapi apakah uang yang kita habiskan senilai dengan yang kita dapatkan. Service terdiri dari komponen pelayanan serta lama memasak.

Mie Toyonk
Lokasinya di jalan Sagan, kalau dari UGM kiri Jalan, jam bukanya saya ga tau tetapi bila dilihat tempat jajanya beralih fungsi di siang hari menjadi toko Figura. Menunya gak banyak, Mie Ayam, Mie Goreng, Nasi Goreng, sama Bakso. Tetapi rasanya dan terlebih lagi harganya, makan 5000-6000 an, Es Jeruk masih 1000, dan ga ada parkir… hehehe…

Rasa : 8
Suasana : 7
Harga : 10
Service : 8
Overall : 8

Nasi Goreng Samping Mandiri
Letaknya ya di samping Bank Mandiri Kantor Cabang UGM, bukanya kalo sore sampe abis. Rasanya enak dan murah(4000an), sayang porsinya sedikit.

Rasa : 8
Suasana : 8
Harga : 9
Service : 7
Overall : 8

Milk Shake Belakang Atmajaya & Sanatha Darma (Recommended)
Kalo ga salah namanya Milk Shake Bang Joni, ada banyak rasa tapi yang pasti ada keju dan chocochip dalam jumlah yang massive, dan semua itu hanya seharga 2500. Paling enak kalo lagi panas-panas. Lokasinya di Perempatan jalan Moses belakang Sanatha Darma (sebenarnya saya ga tau yang mana bagian belakang Sanata Darma)

Rasa : 9
Suasana :9
Harga : 10
Service :9
Overall : 9

KONA
Saya ga tau apa arti Kona (mungkin tempat makan ini berafiliasi sama produsen game KONAMI), tapi tempat makan cukup lengkap menunya dan terlebih lagi rasanya benar-benar memuaskan. Favorit saya adalah Club Sandwichnya, yang harganya kalo ga salah 8000 tapi dapat 4 potong dan bisa dimakan rame-rame.

Rasa : 8
Suasana : 9
Harga : 7
Service : 8
Overall : 8

Spesial Sambal (SS)
Warungnya buka di malam hari di Jalan Kaliurang bagian UGM, kalo ga salah di depan jalan ke ELINS. Rame banget terutama kalo malem minggu. Harganya sekitar 5000-9000. Tapi sebagaimana warung sambel lainya, SS menjual sambel secara terpisah, dan saya tidak suka yang seperti ini.

Rasa : 6
Suasana : 8
Harga : 7
Service : 7
Overall : 7

Waroeng Steak
Tempat makan ini banyak ditemui di Jogja dan Solo, mungkin juga di kota lain (saya kurang begitu tau dan tidak peduli). Menyediakan Steak dengan harga yang lebih affordable. Di Jogja WS terdapat di jln. Gejayan depan Fuji Film, Jl. Kaliurang km 4 kalo ga salah. Seingat saya di Jl. Colombo juga ada

Rasa : 7
Suasana :6
Harga : 7
Service : 6
Overall : 6

Drink Corner (Food Court Ambarukmo Plaza)
Letaknya ya di foodcourt Amplaz (Tamansari Foodcourt), sebenarnya bukan Drink Corner namanya, entahlah, tetapi ini adalah stand minuman yang ada di Kasir Food Court Amplaz. Salah satu minuman favorit saya adalah Teh Hijau (kalo ga salah Teh Hijau Thailand). Berbeda dengan teh hijau yang biasanya tidak begitu hijau dan transparant, Teh Hijau di sini benar-benar hijau dan opaque.

Rasa : 8
Suasana :9
Harga : 6
Service : 8
Overall : 8

Xtra Hot
Sama seperti Spesial Sambal, Xtra Hot juga sebuah tempat makan dengan spesialisasi di berbagai macam sambal. Letaknya di Jl. Kaliurang km.7 kalau dari Utara (dari Kaliurang) kiri jalan.

Rasa : 7
Suasana : 8
Harga : 6
Service : 7
Overall : 7

Ayam Bu Santi (Recommended)
Tempat makan yang berlokasi di dekat pertigaan Depok Sport Center Babarsari ini memang memiliki keunikan tersendiri. Pertama tempat makanya yang bisa dikatakan tersembunyi karena bentuk ruangnya yang Nggentong (jalan masuknya kecil tapi dalamnya luas). Selain itu kita mengambil nasi sendiri dan sepuasnya, yang paling menarik adalah nasinya adalah nasi Uduk yang rasanya luar biasa.

Rasa : 10
Suasana : 6
Harga : 8
Service : 7
Overall : 8

Mister Burger
Chain Outlet Burger yang cukup banyak tersebar di Jogja. Yang sering saya datangi di dalam Mirota Gejayan. Menyajikan Burger dan HotDog dengan beberapa variasi. Harga sektiar 5000-an. Biasanya hanya berupa outlet kecil.

Rasa : 8
Suasana : 6
Harga : 7
Service : 7
Overall : 7

Ningratri
Meskipun menyajikan berbagai makanan dan minuman, Ningratri memiliki spesialisasi kopi. Dengan harga yang sangat terjangkau (1500-3000) anda bisa menikmati kopi dengan rasa yang sangat khas, kental, dan kotor (maksud saya tidak sehalus kopi Kapal Api). Selain itu disini terdapat bermacam-macam rokok dan juga cerutu, cerutu disini cukup murah hanya 1500 per batang yang tentunya dapat dihisap sambil ngobrol2.

Rasa : 8
Suasana : 8
Harga : 9
Service : 8
Overall : 8

Update From Jogja Kuliner Part I !!!
-Di Jogja Kuliner Part I terdapat warung Endess, sekarang warung itu berganti nama menjadi Siap Bakar, Siap Bakar sendiri artinya Ayam Bakar (bhs. Bali). Tempat ini menyediakan ayam bakar dan goreng serta masakan lain ala bali.
-Iga Sapi Bali di deket Hyatt dan Jimbaran bertambah luas dan tambah ramai pengunjungnya.
-Dalam salah satu episode Wisata Kuliner, Bondan Winarno mengunjungi dua tempat yang saya sebutkan di Jogja Kuliner Part I yaitu Kindai dan Endess yang kemudian berganti menjadi Siap Bakar.

Sampai disini dulu Jogja Kuliner Part II, saya belum tahu apakah akan menulis Part III dan kapan akan menulis, tetapi saya akan terus melaporkan tempat-tempat makan di Jogja pada anda. Kenapa? Karena anda begitu berharga.

3 thoughts on “Jogja Kuliner Part II

  1. wily says:

    interesting enough. ditunggu yach part III nya. udah lama eeuuyyy ga ke jogja, kangen ma kulinernya. palagi kalaw ada yang baru2. tapi mana nich tempat makan bakmi jogja yang paling recommended??

  2. laa says:

    Bole nambahin g?
    Ayam&bebek goreng prestonya Kedai Bio. tempatnya di Subha Foodcourt Galeria Mall. Bisa dimakan sampe tulang2na.

  3. ryann kona says:

    sekarang kona pindah tempat dijalan xurang km 6.2 depan superindo,,rencana opening setelah lebaran dharap maklum dalam proses pembangunan..akan ada disc 10% all item..ditunggu:) trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s