Saya, Mereka, dan Kenyataan


Otak Tikus

Saya menemukan kalimat baru, pernah mendengarnya dan membacanya tapi baru kali ini benar-benar saya perhatikan. Kata-kata dan spasi yang terangkai dalam kalimat itu adalah,”Seorang terpelajar harus berlaku adil sudah sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan” Kalimat diatas tentu tidak asing bagi anda yang telah membaca Bumi Manusia, bagian pertama dari Tetralogi Buru. Kalimat ini diucapkan oleh salah satu tokohnya yaitu Jean Marais (baca:Syang Mare) seorang kompeni asal Prancis, tentu saja ini adalah kata-kata Pramodya Ananta Toer sebagai seorang pengarang. Kalimat itu diucapkan dalam konteks ketika orang-orang memberi penilain pada sesuatu yang belum benar-benar mereka ketahui. Saya jadi sadar kalau ternyata apa yang disebut sebagai kenyataan ternyata tidaklah berdiri sendiri dan tidak pernah satu versi. Selalu ada 3 macam kenyataan dalam satu kejadian. Kenyataan menurut saya, kenyataan menurut mereka(dalam konteks saya berarti kenyataan menurut anda), dan kenyataan itu sendiri yang tak akan pernah benar-benar kita ketahui.

Lalu apa artinya adil sejak dalam pikiran? Apakah hal itu benar-benar ada, bukankah dalam setiap kali kita berfikir, kita selalu melakukan framing, kita selalu melihat menggunakan kacamata ideologi yang telah kita pakai. Lalu dimana letak keadilan dalam pikiran.

Ternyata keadilan dalam pikiran jauh lebih sulit ditemukan daripada keadilan perbuatan.  Apakah kita harus berpikir tanpa a priori. Lalu bagaimana caranya

Saya kira masalahnya bukanlah apakah kita bisa bebas nilai dalam pikiran, tetapi bagaimana kita bisa melihat semuanya dengan perspektif yang sama. Jadi kalu kita seorang liberal, kita harus melihat semuanya secara liberal bila ada hal yang kita lihat dengan cara lain maka berarti kita sudah tidak adil lagi. Tapi entahlah, apakah saya juga sudah adil dalam blog ini juga belum pasti.

One thought on “Saya, Mereka, dan Kenyataan

Leave a Reply

