Gramsci dan Ekonomi Politik Internasional


Gramsci memang lebih banyak membahas negara dan hubungan antar kelas dalam karya-karyanya, meskipun begitu prespektif pemikiran Gramsci dapat digunakan untuk menganalisa Ekonomi Politik Internasional (EPI) terutama dengan prespektif strukturalis.

Gramsci sendiri juga sempat menyebut tentang hubungan internasional dan perubahan sosial masyarakat. “Apakah hubungan internasional mendahului atau mengikuti logikanya hubungan sosial fundamental? Jawabanya adalah mengikuti. Setiap modifikasi dalam struktur sosial, dalam mekanisme teknik-militer, juga akan memodifikasi organik hubungan-hubungan absolut dan relatif dalam hubungan internasional” (Gramsci)

Maksud dari pernyataan diatas adalah, dikarenakan hubungan internasional sebenarnya berasal dari interaksi negara, dimana dalam negara itu terdapat konfigurasi sosial. Maka setiap terjadi perubahan sosial yang fundamental maka akan memicu pula perubahan fundamental dalam konfigurasi hubungan internasional, baik berdasarkan politik, ekonomi, atau militer.

Gramsci cukup dikenal tentang ide-idenya tentang perluasan makna negara, revolusi pasif, hegemoni, dan konfigurasi blok historis. Ide-ide itu bisa dijadikan tools untuk menganalisa EPI dalam prespektif strukturalis. Gramsci menggagas ide itu dalam menganalisa internal sebuah negara, tetapi bila ide itu diterapkan untuk menganalisa hubungan internasional, maka kita akan mendapat gambaran jelas tentang peristiwa dan konfigurasi internasional.

Hegemoni misalnya, bila kita mendengar hegemoni dalam dunia internasional maka dalam pikiran kita akan muncul negara “United States of America”. USA bisa kita sebut sebagai blok historis yang hegemon di abad ini, dengan batasan tertentu. Setiap kali ada transformasi fundamental hubungan sosial di negara hegemon akan banyak mempengaruhi konfigurasi HI/EPI. Pada tahun 50an sampai 60an atau yang bisa kita sebut sebagai periode post-war. Dalam era ini, ekonomi AS bercorak Keynesian, hal ini dikarenakan situasi post-war memang memerlukan sistem seperti ini agar terjadi perkembangan maksimal ekonomi secara aman. Sebagai sebuah kekuatan hegeon, dunia pun mengadopsi sistem Keynesiasn yang sering disebut sebagai “embeded liberalism”.

Perubahan fundamental sosial yang terjadi di AS di akhir 70an ketika pemikiran-pemikiran Keyenesian mulai ditinggalkan sejalan dengan transformasi teknologi yang begitu cepat. Kaum Kanan Baru menjadi -dalam bahasa Gramsci- intelektual organik, yang menyediakan basis ideologi. Kebijakan-kebijakan AS mulai keluar dari intervensionisme dan welfarisme Keyenesian menuju liberalisme klasik yang sering disebut sebagai neo-klasik.

Transformasi sosial di AS yang merupakan negara hegemon akan mengubah juga konfigurasi hubungan internasional, main issue yang dibahas dan dijadikan point of interest setiap kebijakan EPI adalah penerimaan atau penolakan terhadap pemikiran neo-klasik. Di akhir 90an kita telah melihat bagaimana peran negara telah jauh berubah dibanding era pasca perang. Intervensi negara seakan-akan diyakini oleh sebagian besar negara di dunia sebagai inefisiensi, keyakinan akan laissez-faire muncul lagi, seakan-akan ekonom liberal dunia ingin kembali ke salafush-saleh-nya liberalisme.

Dengan menggunakan basis analisa Gramsci, kita melihat peran sebuah intelektual organik dari sebuha negara hegemon untuk menciptakan sebuah blok historis skala dunia. Mereka sadar bahwa transformasi pattern sosial dari kekuatan hegemon akan mempengaruhi kekuatan yang lain, baik itu yang berbentuk supportive atau contra.

2 thoughts on “Gramsci dan Ekonomi Politik Internasional

  1. Norma says:

    menurut saya apa yang anda sampaikan menarik.
    apa menurut anda dalam melihat masalah krisis minyak dunia tahun 2008 tahun lalu bisa dilihat dari gramci ini????

  2. masalah krisis minyak 2008 lebih disebabkan oleh masalah ekonomi sedangkan Gramsci lebih banyak membahas masalah ideologis. Tetapi perspektif Gramsci dapat digunakan untuk melihat dampak dari krisis tersebut, terutama terhadap polarisasi politik internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s