Pencarian Konstanta Kekasih


Tulisan ini sebenarnya adalah sebuah self-critic terhadap pemikiran saya bahwa kekasih adalah variabel. Setelah membaca sebuah tulisan di kafe-sophie.blogspot.com yang berjudul “Cinta di Timur dan Cinta di Barat” dan bila saya padukan dengan tulisan saya sendiri yang berjudul “Tergila-gila vs Cinta Sejati” maka saya menemukan bahwa kekasih yang berupa variabel bukanlah cinta sejati, dan karena itu variabel maka sangat kondisional dam terbatas.

Cinta sejati adalah bila kita menjadikan kekasih kita sebuah konstanta, yang selalu ada apapun kondisi di sekitarnya. Bagaikan Π yang selalu 3,14 berapapun besarnya lingkaran, meskipun lingkaran itu berwarna hijau, merah, putih, atau merah. pi tetap 3,14

Kekasih sebagai konstanta juga bukanlah sesuatu yang harus dimiliki, bahkan tidak mutlak untuk dijumpai, karena keiinginan untuk memiliki dan berjumpa sendiri adalah sebuah kondisi yang bila tidak terpenuhi akan menghilangkan cinta yang ada. Konstanta Kekasih akan terus ada meskipun tidak memiliki dan tidak berjumpa, ia ada di dalam hati kita berjumpa denganya di hati kita, dalam alam cinta kita yang memang tidak terdeskripsikan dan sangat irasional itu.
Phi

One thought on “Pencarian Konstanta Kekasih

  1. kekasih adalah konstanta

    sehingga tidak lagi ada kriteria
    melainkan hanya sebuah nama
    kini “akibat” telah menjadi “sebab”
    aku cinta sebab aku cinta
    bukan aku cinta akibat dia begini dan dia begitu
    aku cinta sebab aku cinta

    dan hanya karena aku cinta
    satu nama saja
    sang konstanta

    takpadam
    takpadam
    takpadam untuk sekali lagi takpadam

    kafe-sophie.blogspot.com

Leave a Reply

