Sudah Dari Orok Kita Beda


Siapakah kita? Ya laki-laki ma perempuan, dua jenis manusia ini memang berbeda sikap dan perilakunya dikarenkan otak laki-laki dan perempuan memang berbeda, dari situlah perilaku bebrbeda muncul. Disini saya akan membeberkan perbedaan itu yang saya dapat dari majalah Chic edisi September 2006.

Spasial vs Verbal
Laki-laki memiliki kemampuan otak yang lebih untuk memikirkan masalah spasial, itulah kenapa laki-laki memiliki kemampuan rancang desain, pengukuran arah, abstraksi dan manipulasi benda fisik dan mekanis seperti mbengkel n ngoprek motor atau komputer.
Sedangkan perempuan daerah korteksnya lebih tersedot untuk kemampuan verbal yang digunakan untuk memproduksi kata-kata. Selain itu corpus callosum atau penghubung otak-kanan dan otak-kiri laki-laki berukuran seperempat dari perempuan.Itulah kenapa perempuan lebih banyak bicara, Dr. Louann Brizedine menyebutkan perempaun berbicara sekitar 20.000 kata perhari sedangkan pria hanya 7.000 kata.

Perbedaan Bahan Kimia
Perempuan memiliki lebih banyak serotinin yang menyebabkan mereka lebih kalem sedangkan laki-laki cepat naik pitam. Keagresifan pria juga disebabkan karena memiliki amigdala yang lebih besar. Amigdala berfunsi mengatur emosi dan dorongan=dorongan untuk bertindak.

Memori
Laki-laki memiliki hippocampus lebih kecil, hippocampus adalah pusat ingatan. Inilah kenapa laki-laki sering melupakan memori-memori detil dari setiap kejadian.

Mental Nap
Otak laki-laki lebih mudah untuk beristirahat dari aktifitas sedangkan otak perempuan nyaris tak berhenti berfikir bahkan ketika sedang tidur. Itulah kenapa perempuan lebih sering bermimpi tentang kejadian yang baru saja terjadi.

Another Fact
Darah otak perempuan lebih banyak 15% daripada laki-laki
Laki-laki memerlukan waktu 7 jam lebih lama untuk memproses data emosi
Otak (pria dan wanita) menggunakan 20% oksigen yang dipompakan ke seluruh tubuh

Perbedaan otak laki-laki dan wanita dimulai ketika masih berbentuk janin di usia 8 minggu. Secara default otak manusia adalah otak perempuan, setelah 8 minggu terjadi perbedaan, janin laki-laki akan dipasok hormon testosteron oleh kandungan bila perempuan akan dipasok hormon estrogen (canggih ya…) lalu struktur otak laki-laki pun berubah. Mungkin saja dalam proses itu terjadi sedikit eror dimana janin laki-laki juga dipasok estrogen yang membuat otaknya agak feminim yang bila berlanjut akan menciptakan sifat kewanitaan yang memungkinkan untuk menjadi waria.

One thought on “Sudah Dari Orok Kita Beda

  1. sedikit tambahan. dalam otak perempuan, diphamin yang bekerja dalam caudete lebih bereaksi terhadap karakter. sedangkan di dalam otak laki-laki, akan lebih bereaksi terhadap image visual. itu menjadikan laki-laki lebih menyukai karakter visual, sedangkan perempuan lebih mencintai karakter.

    namun demikian, saya tetap percaya bahwa, tidak selamanya cinta dipengaruhi oleh aspek-aspek biologis. ada sesuatu yang lebih bersifat divine. unknown divinity.karena cinta itu spiritual.

    regards,
    rum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s