Renungan


Hari jumat sore, kebingungan harus melakukan apa, sore hari akupun pergi tenpa arah. Akhirnya kuputuskan untuk pergi merenung di tempat yang hijau, Hyatt terus naik ke atas, sampai udara sudah cukup sejuk dan banyak sawah. Kubeli rokok sebungkus, korek api, dan sebuah buku. Lalu kucari tempat tedu dan kutuliskan rangkaian kata-kata ini:

Awan

Awan mendung tiba-tiba datang
Memayungi manusia penuh dosa dibawahnya
Menyembunyikan sang surya yang tak kenal lelah menyala
Ataukah dia melindungi sang surya dari manusia
Agar nasibya tak sama dengan bumi

Untuk Dia Yang Masih Berupa Variabel

Dia tak memakai perhiasan, itulah yang membuatnya bersinar
Tanpa lipstik, mulutanya mengucapkan kata-kata penuh arti
Tanpa parfum, aku mencium keindahanya
Tanpa kosmetik, dewa pencipta keindahanpun kagum padanya

Sekali lagi, aku hanya bisa mengaguminya
Tak ada jarak antara aku dan dia, tetapi tembok baja menghalangi kami
Langitpun meludahiku dengan gerimis
Menertawaiku dengan suara gemuruh

Sendirian kuberjalan ke arah matahari tenggelam
Dalam kesendirian kutertawa dengan tangisan
Menertakan kesedihanku sendiri
Bahagialah diriku meski tanpa dirinya

Selingkuh

Kenapa dedaunan ini masih hijau
Meski telah dibangun gedung-gedung yang menohok lelangitan dunia
Apakah daun itu mencaci manusia seperti aku
Atau dia sedang mengagumi kebodohanku

Angin ini masih sejuk
Meski tercemar sinyal GSM dan CDMA
Angin ini masih tetap membelaiku
Meski kucemari dengan asap knalpot dan rokok

Kubenci modernitas
Bersama alam kucaci modernitas
Tetapi aku berselingkuh dengan modernitas
Bersama modernitas kukhianati alam

3 thoughts on “Renungan

  1. deaddrunkpoet says:

    lagi seneng2nya dengerin Grace Kelly dari Mika… Hmmm, udah lama ga melakukan ritual itu: go to a very quiet place and muse… blend into a unity with the earth. Air, tanah, kayu, api… semua yang masih jujur dalam bisu, sebuah konsistensi bahasa. Tapi koq Hyatt?? haha… maksudnya naek teruz ke atas itu lantai paling atas ato jalannya yang naek ke atas dan ngelewatin Hyatt? One thing, kmu pinter nge-blog ya? it’s well structured low…🙂

  2. ded_exs says:

    “Variabel?”

    hmmm…
    timmy, U should’ve looked at the sky…
    so beautiful…
    but,so tragic in the other side…
    knapa bnyk saudara2 qt mampu hidup beratapkan langit?
    tanpa shelter to live in…
    ini smua akibat gods ‘n godesses of poverty…
    siapa mereka?
    modernitas
    konsumerisme
    dan kau
    ya… engkau!

    umat manusia mampu to give a birth to Carrefour, Giant, HyperMart, etc berdiri di lahan2 milik warga.
    tp umat manusia tdk mampu keseimbangan ekosistem yang ada.

    Banjir.
    Longsor.
    Demam Berdarah.
    Diare.
    Semua akibat modernitas.

    Tanyalah sama ” Global Warming” ttg apa yg telah mereka perbuat d muka bumi ini?

  3. deaddrunkpoet says:

    that variable must be a lucky variable… i used to be loved by someone who really doesn’t give a shit to what is seen, but what is felt and heard. But love is a true drug, it gives you pleasure until it really kills you🙂 I am officially in love with a total stranger! And his judgment is so physical!!! (the word physical is written in bold, italic, and underlined letters!!) But well… I am officially a subscriber to the devilish addiction🙂

    Human, was designed to think, create, and destruct. Like virus. It comes to a domain, penetrates its traits, and infect. Prolific.

    Mungkin, if you’re lucky enough to find the book, cuba baca “The Destructors” by Graham Greene. Bagus itu ceritanya, tentang sekawanan anak remaja yang vandal, settingnya klo ga salah di London, pas Perang Dunia (lupa, yang ke I ato II).

    Hmm… can’t wait for your next posting🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s